Kamis, 29 Januari 2015


Pada tanggal 26 sampai dengan 29 Februari 2015 prodi (program studi) Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut menyelenggarakan pelatihan SI (Sistem Informasi) KPMI (Kelompok Penggerak Masyarakat Informasi) dan Garut IT Volunteering 2015. Sejumlah tim mahasiswa baru prodi tersebut yang baru mengkhatamkan keahlian TIK dasar diterjunkan ke sejumlah basis KPMI untuk melatihkan kembali sebagian dari keahlian tersebut kepada siswa di sana. Sekolah yang menjadi tempat pelatihan tersebut antara lain SMA Muhammadiyah 1 Garut, SMK YPPT Garut, MAN 1 Garut, SMKN 2Garut, SMKN Ciledug, SMK Ma'arif Garut, dan SMKN 10 Garut.

SMA Muhammadiyah 1 Garut

SMK YPPT Garut

MAN 1 Garut

SMKN 2 Garut

SMK Ma'arif Garut

SMKN 10 Garut

Dalam waktu bersamaan tim pendamping KPMI melatihkan SI KPMI kepada pembina dan anggota KPMI di beberapa sekolah terpasang Wifi Indonesia, seperti di SMA Muhammadiyah 1 Garut dan SMK Ma'arif Garut. Pelatihan tersebut dihadiri oleh peserta dari basis KPMI penyelenggara kegiatan dan lainnya. Misalnya pelatihan di SMK Ma'arif Garut diikuti juga oleh peserta dari SMKN 10 Garut. Hal ini menunjukan kesetaraan sekolah dalam KPMI dan kolaborasi antar sekolah. 

Peserta Pelatihan SI KPMI dari SMK Ma'arif Garut dan SMKN 10 Garut

SI KPMI yang dikembangkan oleh sivitas akademik Sekolah Tinggi Teknologi Garut berfungsi sebagai perekam fungsi dan tindakan relawan TIK di kabupaten Garut. SI KPMI ini dikembangkan oleh Robi Alisandi mahasiswa prodi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut berdasarkan hasil penelitian dosennya yang disponsori oleh Direktoran Pemberdayaan Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika dengan judul "The Stages, Three-Layer Infrastructure, and Functional Level Regulation for Development of Information Society within the Scope of Information Technology Volunteer Actions".

Robi Alisandi sedang menjelaskan SI KPMI

Sejumlah pejabat yang hadir dalam pelatihan tersebut mengapresiasi pelatihan ini. Turut mendampingi mahasiswa dalam kegiatan ini ketua dan sekretaris prodi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Secara simbolis mewakili seluruh basis KPMI yang berpartisipasi pelatihan se Garut ini, diserahkan sertifikat pelatihan KPMI kepada pihak sekolah yang menunjukan sekolah tersebut telah siap menjadi basis KPMI dan melaksanakan sasaran pembangunan masyarakat informasi Garut melalui KPMI tahun 2015.

 Penyerahan sertifikat pelatihan program KPMI dari tim pendamping KPMI
Sekolah Tinggi Teknologi Garut kepada SMKN 10 Garut

Kepala sekolah SMK Ma'arif Garut dan sekretaris prodi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut dalam pembukaan pelatihan

Sekretaris prodi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut bersama kepala sekolah dan pembina KPMI SMA Muhammadiyah 1 Garut dalam acara pelatihan

SI KPMI yang dilatihkan ini merekam semua tindakan relawan TIK di Garut yang tindakannya sama dengan yang dilakukan di negara lain yang tertulis dalam artikel Acevendo. Sementara Garut IT Volunteering meniru program Korea IT Volunteers di Garut yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Teknologi Garut dengan National Information Society Agency Korea Selatan. Garut IT Volunteering ini merupakan contoh bagi KPMI tentang pelatihan seperti apa yang harus diselenggarakan oleh anggota KPMI kepada masyarakat setelah mereka khatam keahlian dasar TIK. Materi yang dilatihkan ada yang bersifat pilihan dan wajib. Materi pilihan sesuai dengan misi organisasi atau kebutuhan masyarakat seperti Sistem Operasi atau Aplikasi, dan materi wajib seperti Koneksi Internet via Telkomsel dan Internet Sehat dan Aman.

0 komentar:

Posting Komentar