Selasa, 24 November 2015

Milad Ketiga Relawan TIK Garut

Posted by Cahyana On 14.32 2 comments

Perjalanan selama tiga tahun ini diawali dengan pengukuhan empat orang anggota Komunitas TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Garut sebagai Relawan TIK Garut oleh Pengurus Relawan TIK Indonesia yang secara simbolis diwakili oleh Menteri PDT (Pembangunan Daerah Tertinggal). Amanat pertama yang dijalankan adalah program pembangunan Garut dalam bidang TIK. Menteri PDT memberikan dana untuk pelaksanaan program tersebut. Pelaksanaannya dilakukan bersama-sama dengan Sekolah Tinggi Teknologi Garut. 

Sepanjang perjalanannya, Relawan TIK Garut telah melaksanakan sejumlah program yang dilakukan bersama Pemerintah, Perusahaan, dan juga Perguruan Tinggi. Sementara itu Komunitas TIK Garut dan lembaga riset Sekolah Tinggi Teknologi Garut menyediakan program pelayanan gratis dalam bidang TIK dan perangkatnya, membukakan kesempatan bagi Relawan TIK Garut untuk terlibat dalam program lokal / di luar program pusat. Kekuatan Quadruple Helix menjadi kekuatan pembangunan masyarakat informasi di Garut sejak tahun 2012 hingga sekarang. Semoga partisipasi masyarakat dalam pembangunan masyarakat informasi yang diperankan oleh Komunitas / Relawan TIK di Garut memberikan banyak manfaat bagi Garut khususnya, dan di luar Garut umumnya. Semoga Allah menerima amal ibadah kita semua. Aamiin.

2 komentar:

  1. Sebenernya kontribusi relawan tik apa ya, soalnya saya belum merasakan manfaatnya di kampung saya di Garut, kalau program ABRI masuk desa kerasa banget manfaatnya, tapi kalau Relawan TIK belum ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Relawan TIK adalah masyarakat yang berpartisipasi melaksanakan layanan dalam bidang TIK demi amal. Jumlah relawan TIK di kabupaten Garut sekarang ini masih bisa dihitung oleh jari, sementara Garut memiliki luas wilayah yang sangat besar. Kekuatan pendanaan untuk kegiatan Relawan TIK tidak bisa dibandingkan dengan ABRI atau pemerintah daerah yang anggarannya bisa untuk seluruh kampung di Garut. Tidak jarang relawan TIK memberikan pelayanan dengan dana yang dikeluarkannya sendiri. Mungkin sebagian masyarakat belum merasakan layanan relawan TIK Garut, tetapi sebagian masyarakat telah merasakannya sepanjang tahun 2012 hingga 2015. Agar layanan relawan TIK sampai ke kampung tertentu diperlukan relawan TIK di sekitar kampung tersebut. Doronglah siapa saja dengan kemampuan TIK di sekitar anda untuk menjadi Relawan TIK, agar layanan Relawan TIK dirasakan masyarakat kampung anda. Salam.

      Hapus