Minggu, 09 Oktober 2016


Setelah terpilihnya Eri Fajar Dianto sebagai ketua umum baru Relawan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Indonesia pada bulan September 2016 dalam Rapat Kerja Nasional di Yogyakarta, Relawan TIK Garut melakukan mobilisasi Relawan TIK Indonesia untuk tingkat komisariat di Sekolah Menengah Kejuruan dan Perguruan Tinggi bidang TIK. Pemilihan jenjang sekolah tersebut berdasarkan syarat usia anggota Relawan TIK yang tertuang dalam AD/ART Relawan TIK Indonesia, yakni berusia 17 tahun ke atas. Mobilisasi dilakukan oleh Relawan TIK Garut dengan membuka pendaftaran Komisariat Baru Relawan TIK Indonesia untuk wilayah kabupaten Garut. 

Pada tiga bulan pertama kepengurusannya, Eri Fajar Dianto menjanjikan akan melengkapi SK kepengurusan semua level organisasi untuk mendukung program pendampingan masyarakat desa dan UMKM. Setidaknya di Garut sudah terbentuk Relawan TIK Indonesia komisariat Sekolah Tinggi Teknologi Garut pada bulan Maret 2013 yang secara simbolis pengukuhannya dilakukan oleh wakil ketua bidang Kemahasiswaan Sekolah Tinggi Teknologi Garut, di mana yang mewakili pengurusnya adalah Saddam al-Mahali. Turut hadir dalam acara pengukuhan saat itu Menhariq Noer dari Direktorat Pemberdayaan Informatika Kemkominfo (Kementrian Komunikasi dan Informatika) Republik Indonesia. 


Keberadaan Relawan TIK Indonesia di Garut diawali dengan pengukuhan sejumlah pengurus Komunitas TIK Garut menjadi Relawan TIK Garut pada tanggal 24 November 2012, yang secara simbolis dilakukan oleh Menteri PDT (Pembangunan Daerah Tertinggal) Republik Indonesia. Selain Sekolah Tinggi Teknologi Garut, perguruan tinggi lain yang pernah mengajukan diri sebagai komisariat adalah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Garut. 


Dalam kurun waktu 2012 hingga 2016, Relawan TIK Garut telah berpartisipasi dalam pembangunan masyarakat informasi baik bersama Relawan TIK nasional dan juga internasional, dengan didukung baik fasilitas ataupun dana oleh Kementrian PDT dan Kemkominfo Republik Indonesia, Sekolah Tinggi Teknologi Garut, PT Rahajasa Media Internet, PT Telekomunikasi Seluler Indonesia, PT Telekomunikasi Indonesia, Bidang Informatika Sekretariat Daerah kabupaten Garut, Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Garut, dan lain sebagainya. Relawan TIK Garut dalam melaksanakan bantuan sukarelanya kepada masyarakat dibantu oleh sejumlah Komunitas TIK yang berhimpun dalam Komunitas TIK Garut, seperti Smartfren Community Garut, Kelompok Penggerak TIK SMK Ciledug, Komunitas TIK SMK Negeri 10 Garut, dan lain sebagainya.


2 komentar:

  1. alhamdulilaaah....
    semoga gerakan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah garut

    BalasHapus