Kamis, 07 Januari 2016

Anggota KPMI SMK Negeri 10 Garut mengajarkan Internet Sehat

Setiap tunas bangsa diwajibkan melalui bangku sekolah hingga jenjang menengah. Dengan demikian sekolah merupakan tempat penting untuk pembentukan karakter, pengetahuan, dan keahlian generasi penerus bangsa. Inilah sebab kenapa KPMI (Kelompok Penggerak Masyarakat Informasi) didorong pembentukannya di sekolah-sekolah. Layanan KPMI yang dilaksanakan oleh anggotanya meliputi penyediaan dan edukasi informasi dan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi / Telematika) serta kolaborasi. Layanan yang dilaksanakan secara sukarela oleh anggota KPMI tersebut apabila dilaksanakan seluruhnya akan membuat sekolah menjadi penyedia relawan bidang TIK, konten, perangkat TIK, dan KPMI baru yang berkelanjutan. 

Regenerasi KPMI di STTG

Dalam kaitannya dengan layanan edukasi, anggota KPMI pelajar ataupun mahasiswa dapat melaksanakannya untuk masyarakat di dalam atau sekitar kampus. Hal ini ditunjukan oleh anggota KPMI SMK Negeri 10 Garut melalui Open Class yang mereka selenggarakan secara rutin. Kemampuan pada pelajar ini juga diperkuat dengan tampil memukaunya sejumlah pelajar anggota Komunitas TIK sekolah dalam acara Olimpiade Komunitas TIK Garut II di LAPAN Pameungpeuk tanggal 24 Novemberi 2015 lalu. Keadaan ini memberikan keyakinan pada kita semua bahwa anggota KPMI baik pelajar ataupun mahasiswa dapat melaksanakan layanan edukasi tidak hanya kepada masyarakat di dalam kampus saja tetapi juga di sekitar kampus. 

 Aksi peserta Poster dan Presentasi INCAKAP di Olimpiade Komunitas TIK Garut II

Sebelum KPMI pelajar ini ada di Garut, anggota KPMI STTG (Sekolah Tinggi Teknologi Garut) melaksanakan layanan edukasi ini sebagai bagian dari pelatihan untuk calon pelatih KPMI. Dengan keahlian tersebut mereka dapat membantu kampus memenuhi kebutuhan infrastruktur TIK melalui penyediaan jaringan komputer dan lainnya. Anggota KPMI STTG merupakan relawan dalam bidang TIK yang membantu layanan UPT Sistem Informasi STTG. Hampir sebagian besar jaringan komputer, server, hingga program aplikasi di STTG dibangun oleh anggota KPMI secara sukarela dalam rangka pengabdian kepada kampus dan untuk memantapkan atau menggali pengetahuan dari pengalaman lapangan. Keadaan ini yang membuat kepala UPT Sistem Informasi STTG mendorong Kelompok binaannya ini untuk merintis Kelompok serupa di sekolah-sekolah pada tahun 2012 dengan nama Kelompok Penggerak TIK pelajar. 

KPMI STTG mengajarkan dan mempraktekan keahlian TIK dasar

0 komentar:

Posting Komentar