Selasa, 15 Desember 2015

Kompetisi antar KPTIK dalam SPMI VI

Kompetisi Komunitas TIK se Garut digelar terakhir kali pada tahun 2013 oleh Komunitas TIK Garut. Kompetisi diikuti KPTIK (Kelompok Penggerak Teknologi Informasi dan Komunikasi) pelajar se Garut. Pemenang umum yang membawa piala bergilirnya saat itu adalah SMK Ciledug Garut. Tahun 2014 perhelatan tersebut terhenti karena KPTIK dijalankan ulang dari awal, dengan nama baru yakni KPMI (Kelompok Penggerak Masyarakat Informasi). Setelah sejumlah KPMI terbentuk, kompetisi ini kembali digelar di akhir tahun 2015 dengan nama Olimpiade Komunitas TIK Garut. 

Kompetisi ini merupakan cara mengukur penguasaan anggota KPMI terhadap keahlian TIK dasar yang diperolehnya saat mengikuti Training of Traineer di sekolah masing-masing. Keahlian tersebut menunjang pelaksanaan layanan relawan TIK oleh anggota KPMI. Layanan yang dilaksanakan oleh anggota KPMI tersebut terwakili oleh tiga kompetisi dalam Olimpiade Komunitas TIK Garut, antara lain 1) Instalasi komputer dan jaringan, 2) Poster ICAKAP (Internet, Cerdas, Kreatif, dan Produktif), 3) Presentasi ICAKAP. 

Penyelenggaraan program tahunan Komunitas TIK Garut di akhir tahun ini diusulkan oleh para pegiat TIK di wilayah Selatan Garut melalui Koordinator Komunitas TIK yang mewakili ketua umum Komunitas TIK untuk wilayah Selatan Garut, Sandi Mawardy, S.T. Lokasi yang diusulkan adalah Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional Pameungpeuk yang telah memberikan dukungan tempat kepada Komunitas TIK Garut dalam beberapa kesempatan kegiatan. Ketua umum Komunitas TIK Garut menemui Koordinator Komunitas TIK wilayah Selatah Garut di Cilauteureun untuk mencatat rencana yang telah dibuat, kemudian didiskusikan secara online dengan pengurus Komunitas TIK Garut.

SPMI VII di LAPAN Pameungpeuk

Dinas Komunikasi dan Informatika Garut mendukung agar piala bergilir kompetisi tahunan tersebut merupakan piala Bupati Garut. Hal tersebut disampaikan kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Garut - Drs. Dikdik Hendrajaya, M.Si kepada ketua komunitas TIK Garut - Rinda Cahyana, S.T., M.T. Beliau mengapresiasi usaha Komunitas TIK Garut dalam bidang TIK di kabupaten Garut. Ketua umum Komunitas TIK Garut melaporkan persiapan Olimpiade Komunitas TIK Garut yang telah dilakukan oleh ketua panitia Nevia Yusuf, pegiat TIK Pameungpeuk. Dalam kapasitas sebagai ketua program studi Teknik Informatika, Rinda Cahyana juga melaporkan rencana FGD (Focus Group Discussion) KPMI (Kelompok Penggerak Masyarakat Informasi) sebagai tindak lanjut piagam kerjasama yang ditandatangani Dinas Komunikasi dan Informatika Garut dengan Sekolah Tinggi Teknologi Garut. 


Koordinasi Komunitas TIK Garut dengan Diskominfo Garut
    
Setelah pertemuan tersebut, Muhammad Rikza Nasrullah sebagai ketua Perhimpunan Pengguna TIK Komunitas TIK Garut menyampaikan surat undangan dan permohonan izin pelabelan piala kepada Bupati Garut berikut dokumen rencana kegiatan Olimpiade yang telah ditandatangani oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Garut.



Setelah menghadapi banyak perubahan rencana, akhirnya diputuskan pelaksanaan Olimpiade pada tanggal 24 Desember 2015. Rencana Training of Traineer untuk sertifikasi pembina KPMI diundur setelah FGD KPMI di Sekolah Tinggi Teknologi Garut tanggal 22 Desember 2015. Rumusan akhir Olimpiade tersebut sebagaimana tampak pada poster di bawah ini. Piala juara satu sampai tiga untuk setiap kompetisi merupakan sumbangan dari Sekolah Tinggi Teknologi Garut, onFrame Creative, dan Donat si Madu Cihanjuang.     

Klik di sini untuk mendaftar.


0 komentar:

Posting Komentar