Selasa, 15 Oktober 2013

Garut 15/10/2013. Sore hari di rumah Muhammad Rikza Nasrullah, salah seorang relawan TIK Garut yang dikirim ke Thailand tanggal 17 Oktober 2013 mendatang, Milad satu tahun Komunitas TIK Garut digelar. Acara yang sedianya diselenggarakan di Pusat Komunitas TIK Garut dipindahkan agar dapat disatukan dengan acara pelepasan Relawan TIK Garut ke Thailand. Satu tahun yang lalu, beberapa relawan TIK Garut yang terlibat dalam pendampingan program Korea IT Volunteers di Garut mendeklarasikan berdirinya Komunitas TIK Garut di rumah Rinda Cahyana yang sekarang menjabat sebagai ketua Relawan TIK Indonesia cabang Garut. 

Deklarasi Komunitas TIK Garut 2012

Satu tahun yang lalu merupakan gerbang masuk Relawan TIK Garut ke kancah kerelawanan TIK nasional, dan tahun ini merupakan gerbang masuk Relawan TIK Garut ke kancah kerelawanan TIK internasional. Gerbang masuk tersebut dibukakan oleh Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Relawan TIK Indonesia, dan Direktorat Pemberdayaan Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Akar gerakan Relawan TIK Garut ini adalah kerelawanan yang dilaksanakan mahasiswa di Sekolah Tinggi Teknologi Garut lebih dari 10 tahun.


Tahun 2012 dan 2013, relawan TIK Garut bersama relawan TIK dari Korea Selatan melaksanakan program kerelawanan TIK dari National Information Society Agency Korea Selatan dan International Telecommunication Union Perserikatan Bangsa-Bangsa. Pengalaman kolaborasi internasional ini akan diuji selama dua bulan ke depan saat wakil relawan TIK Garut dikirim bersama dua relawan TIK Indonesia dari wilayah lainnya ke Thailand. untuk magang selama 2 (dua) bulan mengembangkan telecenter di rural area dan juga membantu ITU untuk mempersiapkan event internasional di bulan November di Bangkok. Tiga orang yang terpilih adalah: Denden Sofiudin (Cianjur), Muhammad Rikza Nashrulloh (Garut), dan Syurahbil (Medan). Mereka bertiga telah bertolak ke Thailand pagi ini dan akan baru akan kembali di tanah air tanggal 11 Desember 2013.

Korea IT Volunteers 2012

International ICT Volunteers 2013

Bersama tim Indonesia ICT Volunteers 2013 yang akan magang di Thailand

Dalam acara pelepasan dan Milad Komunitas TIK Garut tersebut, ketua Relawan TIK Garut mengingatkan kepada semua relawan TIK Garut yang hadir, bahwa kesempatan yang diperoleh selama dua tahun ini harus disyukuri dengan terus mengembangkan kerelawanan TIK di Garut. Bahwa kerelawanan TIK itu kerja sukarela, dan setiap relawan TIK harus meningkatkan derajat kesukarelaannya dari sesekali menjadi "tangan yang dibawah" menjadi "tangan di atas sepenuhnya", menjadi dermawan yang seutuhnya. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan menjalankan program penciptaan kapasitas di basis relawan TIK yang sejalan dengan program pembangunan masyarakat informasi. Program ini diharapkan menyediakan cukup dana untuk melaksanakan seluruh program relawan TIK. Program ini menjadi pembicaraan utama di antara pengurus Relawan TIK Garut yang hadir saat itu. 


Pembicaraan Pengurus Relawan TIK Garut terkait roadmap pengembangan organisasi


0 komentar:

Posting Komentar