Selasa, 16 Mei 2017


16 Mei 2017 ketua umum Komunitas dan Relawan TIK Garut menghadiri kegiatan Focus Group Discussion di Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informasi) kabupaten Garut. Diskusi tersebut mengundang perwakilan akademisi dan wakil pegiat informasi di kabupaten Garut. Kepala Diskominfo Garut mengarahkan perhatian kami semua kepada pentingnya penyediaan saluran informasi dan komunikasi yang menjembatani pemerintah dengan masyarakat. Ketersediaannya menjamin aspirasi dan masukan dari masyarakat dapat ditangkap oleh pemerintah.

Dalam kesempatan tersebut ketua umum Komunitas dan Relawan TIK Garut menyampaikan beberapa point masukan sebagai berikut :
  • Agar pemerintah melaksanakan UU Keterbukaan Informasi Publik secara penuh dari tingkat desa / kelurahan hingga kabupaten. Dalam kesempatan kerja praktek 2017, mahasiswa informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut telah membuatkan aplikasi Lapor dan CMS badan publik yang dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan UU tersebut. 
  • Agar pemerintah mengoptimalkan saluran informasi dan komunikasi yg ada, seperti radio, TV, vidconf, dan kelompok informasi masyarakat di Garut, dan membuatkan portal di internet atau di aplikasi smartphone yang menjadi jalan masuk ke MEDIKOM (media informasi dan komunikasi). Di antara penelitian informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut tahun 2017 adalah Portal Web Kelompok Informasi Masyarakat.
  • Agar Diskominfo Garut mengoptimalkan kapasitas pentahelix (pemerintah, perguruan tinggi, perusahaan, komunitas, dan media) melalui forum yg dikelola dan dipelihara, dengan kegiatan yang tidak sekedar diskusi, tetapi juga merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pengelolaan informasi publik di Garut. Sejak tahun 2014 Sekolah Tinggi Teknologi Garut bersama Diskominfo Garut telah merintis Konferensi komunitas TIK Garut dan FORMIGA (Forum Masyarakat Informasi Garut) untuk menjalin kerjasama program di antara helix. 
  • Agar masyarakat diberi kemudahan akses menuju saluran informasi dan komunikasi melalui beragam platform teknologi informasi dan komunikasi, seperti aplikasi smartphone, situs web, atau anjungan informasi dan komunikasi yang tersedia di ruang publik. Pengembangan teknologi tersebut dapat melalui kegiatan lomba yang diselenggarakan bersama Komunitas TIK Garut, atau praktek kerja nyata dan / atau penelitian yang diselenggarakan setiap tahunnya pada jurusan informatika, komunikasi, dan telekomunikasi seluruh lembaga pendidikan di Garut. 
  • Agar dilakukan pendampingan masyarakat dalam kaitannya dengan pemanfaatan informasi dan TIK yang dilakukan bersama elemen masyarakat seperti pegiatan atau relawan TIK baik di dalam kegiatan ekstrakurikuler di lembaga pendidikan (seperti satuan karya pramuka informatika) atau kegiatan tahunan bersama. 




0 komentar:

Posting Komentar