Setelah
menyelesaikan persiapan Ujian Akhir Semester dan kegiatan sosialisasi
Saka Telematika dalam Rapat Kerja Cabang Pramuka Kwartir Cabang Garut,
teringat ada permintaan contoh silabus pelatihan relawan TIK yang
berjalan di Garut dari kolega di Kementrian Komunikasi dan Informatika
untuk kepentingan sertifikasi relawan TIK. Sebelumnya telah disampaikan
kepadanya bahwa gambaran kompetensi relawan TIK sudah dijelaskan dalam
buku "Aktivitas dan Kompetensi Relawan TIK"
yang dibuat tahun 2013 untuk keperluan sertifikasi Relawan TIK.
Akhirnya disempatkan waktu libur Imlek ini untuk memberi petunjuk
bagaimana menggunakan buku tersebut untuk menentukan kompetensi yang
harus diberikan kepada Relawan TIK.
Di
dalam buku tersebut pada bagian Aktivitas Relawan TIK, ditunjukan tabel
peran relawan TIK yang membagi contoh aktivitas relawan TIK yang
diberikan oleh Acevendo ke dalam empat layanan, yakni penyediaan
informasi, pengembangan sumber daya manusia, pengembangan sumber daya
TIK, dan kolaborasi. Agar semua peran tersebut dapat dilaksanakan oleh
relawan TIK, maka diperlukan kompetensi. Pembahasan kompetensi ini ada
dalam buku tersebut yakni pada bagian Kerangka Kerja Pemenuhan Informasi
dan Kompetensi Relawan TIK. Dengan bersandar kepada dua bagian tersebut
dan pengalaman relawan TIK di Garut, dipetakanlah kompetensi relawan
TIK berdasarkan peran-perannya. Hasilnya adalah sebagai mana tampak pada
tabel di bawah. Setelah dipetakan, bisa dirujuk untuk menyusun silabus
sertifikasi relawan TIK untuk kemudian diterjemahkan ke dalam buku
Diklat (pendidikan dan pelatihan) Relawan TIK. Khusus di Garut, luaran
ini akan dirujuk untuk membuat buku Diklat Relawan Telematika untuk
anggota Kelompok Penggerak Masyarakat Informasi Komunitas TIK dan Saka
Telematika.
0 komentar:
Posting Komentar